PERTUMBUHAN PENDUDUK

By : Paisal Adamsyah
2SA05
Ilmu Sosial Dasar (Softskill)

PERTUMBUHAN PENDUDUK

Pertumbuhan Penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan ” per waktu unit” untuk pengukuran. Intinya dari Pertumbuhan Penduduk adalah perubahan jumlah penduduk disuatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan pada waktu sebelumnya. Misalnya pertumbuhan Penduduk Indonesia dari tahun 1995 ke tahun 2000 adalah perubahan jumlah penduduk Idonesia dari tahun 1995 ke tahun 2000

MIGRASI

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ketempat yang lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi Internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke neggara lain dan juga migrasi Internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar sutu wilayah negara saja. Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ketempat yang lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat sementara, misalya turis, baik nasional maupun internasional dan ada yang sifatnya permanen (menetap).

Jenis-Jenis Migrasi
Migrasi dapat terjadi didalam satu negara kenegara lain, dari tempat satu ketempat lainya. Berdasarkan hal tersebut, migrasi dapt dibagi kedalam dua golongan, yaitu :

1. Migrasi Internasional, yaitu perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lainya. Migrasi Internasional dapat dibedakan dalam 3 macam :
a.Imigrasi, yaitu masuk penduduk dari suau negara ke negara lain untuk tujuan menetap. orang yang melakukan imigrasi disebut imigran.
b.Emigrasi, yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara kenegara lain. orang yang melakuka emigrasi disebut emigran.
c.Remigrasi atau repatriasi, kembalinya imigran kenegara asalnya.

2. Migrasi Nasional, yaitu perpindahan penduduk didalam satu negara atau wilayah saja. Migrasi nasional dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
a.Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
b.Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya ke pulau yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit (jarang).
c.Ruralisasi, yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa. ruralisasi merupakan kebalikan dari urbanisasi.
d.Evakuasi, yaitu perpindahan penduduk yang terjadi karena ada ancaman akibat bahaya perang, bencana alam, dan lain sebagainya. Evakuasi dapat bersifat nasional ataupun internasional, tergantung tingkat bahanya maupun resikonya.

Secara Umum faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Migrasi penduduk adalah sebagai berikut :
1.Faktor Ekonomi, ingin mencari kehidupan yang lebih baik dan makmur.
2.Faktor Keselamatan dan Keamanan, ingin melindungi diri dari setiap ancaman seperti perang, becana alam, dan yang lainya.
3.Faktor Politik, migrasi yang dilakukan karena adanya perbedaan kepentingan politik antara warga dan masyarakatnya.
4.Faktor Agama, migrasi ini terjadi karena adanya perbedaan keyakinan.
5.Faktor Kepentingan Pembangunan, migrasi yang terjadi dikarenakan daerah tempat tinggalnya terkena proyek pembangunan atau penggusuran.
6.Faktor Pendidikan, ingin mendapatkan program pendidikan yang lebih baik ke jenjang yang lebih tinngi.

CARA UNTUK MENEKAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK YANG MENINGKAT
1. Melakukan Sensus Penduduk
2. Keluarga Berencana
3. Peningkatan tenaga kerja untuk menghindari tingginya pengangguran.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Pertumbuhan Penduduk setiap tahunnya terjadi di Indonesia, populasi penduduk disetiap provinsi meningkat akibat terjadinya mobilisasi masyarakat contoh besarnya adalah Ibu Kota Indonesia: Jakarta. dikota-kota besar selain Jakarta seperti bandung,yogyakarta,surabaya, dan kota-kota besar lainya di Indonesia menjadi sasaran bagi pendatang baru untuk mencari perkerjaan,fasilitas pendidikan,fasilitan kesehatan, Dll.

Seiring meningkatnya jumlah penduduk, perkembangan kebudayaan juga terjadi didalam ruang lingkup masyarakat Indonesia. Modernisasi yang kian melekat dikehidupan seahari-hari, perkembangan teknologi & informasi yang setiap tahunnya diperbaharui lebih canggih,lebih efisien,dan lebih praktis. Belum lagi masuknya Akulturasi disertai oleh Asimilasi kebudayaan yang sudah kita anggap sebagai hal biasa dan kita ikuti perkembangannya setiap hari.

Semakin majunya arus globalisasi rasa cinta terhadap budaya semakin berkurang, dan ini sangat berdampak tidak baik bagi masyarakat asli Indonesia. Terlalu banyaknya kehidupan asing yang masuk ke Indonesia, masyarakat kini telah berkembang menjadi masyarakat modern namun akhir-akhir ini indonesia semakin gencar membudidayakan sebagian budaya indonesia, buktinya, masyarakat luar lebih mengenal budaya indonesia dibandingkan masyarakat indonesia. Sebagai contoh adalah batik hasil dari budaya indonesia, batik tersebut belakangan ini termasuk bahan-bahan yang diminati oleh masyarakat luar. Muncul trend ini dikarenakan batik telah diresmikan bahwa batik tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO pada hari jumat tanggal 02 oktober 2009 sebagai warisan budaya indonesia, dan hari itulah ditetapkannya sebagai hari batik nasional.

Dampak Positif dan Negatif :

Dampak Positif:
Dengan adanya Kemajuan dalam bidang teknologi dan peralatan hidup, masyarakat pada saat ini dapat bekerja secara cepat dan efisien karena adanya peralatan yamg mendukungnya sehingga dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi.

Dampak Negatif:
Dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia, serta dapat terjadi proses perubahan social didaerah yang dapat mengakibatkan permusuhan antar suku sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi goyah.
Apabila budaya asing masuk ke Indonesia, dan tidak ada lagi kesadaran dari masyarakat untuk mempertahankan dan melestarikannya, dipastikan lagi masyarakat Indonesia tidak akan dapat lagi melihat kebudayaan Indonesia kedepan.

Beberapa contoh perkembangan budaya :

1. Cara Berpakaian
Sekarang ini masyarakat Indonesia lebih menyukai berpakaian yang lebih terbuka seperti bangsa barat yang sebenarnya tidak sesuai dengan adat ketimuran bangsa Indonesia yang dianggap berpakaian lebih sopan dan tertutup.
2. Alat Musik
Perkembangan alat musik saat ini juga dibanjiri dengan masuknya budaya asing, kita dapat mengambil contoh dari kebudayaan asli betawi di Jakarta, pada saat ini sudah tidak ada lagi terdengar alat musik Tanjidor musik khas dari tanah Betawi, saat ini yang sering kita dengar adalah alat-alat musik modern yang biasanya menggunakan tenaga listrik.
3. Permainan Tradisional
Bahkan masuknya budaya asing juga mempengaruhi permainan tradisional, seperti permainan gangsing atau mobil-mobilan yang terbuat dari kayu, pada saat ini sudah jarang kita temukan, yang saat ini kita temukan adalah produk-produk permainan yang berasal dari Cina, seperti mainan mobil remote control yang berbahan baku besi atau plastik.

BEBERAPA KASUS-KASUS YANG TERJADI AKIBAT PERTUMBUHAN DAN MIGRASI PENDUDUK YANG TAK TERKONTROL.

1. Kasus Kemiskinan
Kemiskinan yang terjadi diindonesia merupakan dampak dari pesatnya pertumbuhan penduduk yang tak terkendali, banyak kepala keluarga yang tidak mendapatkan perkerjaan yang layak dan tidak mendapatkan pengahasilan yang cukup. Akibatnya ditahun-tahun sebelumya banyak kejadian yang menimpa dibeberapa kepala keluarga di Indonesia, yaitu pembunuhan yang dilakukan oleh ibu kepada 3 orang anaknya yang masih kecil, dan yang menyebabkan semua itu adalah kemiskinan.

2. Banyaknya pengangguran
Banyaknya orang yang berdatangan ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan, banyak diantaranya bisa berhasil mendapatkan pekerjaan dan banyak pula yang sudah jauh-jauh datang dari desa asalnya tetapi tidak mendapatkan pekerjaan apa-apa. Dan akibatnya semakin banyak orang yang datang semakin banyak pula jumlah pengangguran yang ditampung oleh ibu kota.

3. Kriminalitas
Menyinggung pengangguran pasti berkaitan dengan dunia kriminal, ya memang sebagian pengangguran ada yang mau berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan tapi bagaimana dengan pengangguran yang sudah putus asa ?. Mereka biasanya akan mencari cara untuk menghasilkan uang halal atau tidak halalnya hasil yang akan didapatkan, (mohon maaf sebelumnya) banyak orang yang menjadi kriminal atas dasar pengangguran itu sendiri, Premanisme yang belakangan heboh diberitakan adalah orang-orang yang dulunya putus asa dan mencari jalan pintas untuk mendapatkan uang, pemerasan,perampokan,penjambretan dan lain sebagainya adalah contoh yang awanya dimulai dari Pengangguran.

Referensi :
http://bukanimigrasi.blogspot.com/2010/05/pengertian-imigrasi.html
– ensiklopedia geografi untuk SMA kelas XI
http://id.wikipedia.org
http://www.kompas.com
http://pdesnia.wordpress.com/2012/12/24/dampak-pertumbuhan-penduduk/

Leave a comment