TATA KRAMA DALAM IKLAN
1. Penggunaan kata / Bahasa
Iklan yamaha diatas manggunakan kata “No.1” ketentuan tata krama dalam iklan melarang hal tersebut.
2. Tanda asteris
penggunaan tanda asteris pada iklan diatas bisa dilihat pada akhir iklan.
3. Pencantuman harga
Iklan jasa diatas mencantumkan harga yang belum tentu sama seperti yang dijanjikan.
4. Keselamatan
iklan yamaha diatas melakukan adegan kebut kebutan hanya untuk mengetes kemampuan sepeda motor tersebut.
5. Waktu tenggang
Iklan produk diatas menampilkan waktu tenggang penggunaan produk tersebut.
6. Penampilan pangan
adegan iklan diatas menampilkan produk minuman dilempar lempar.
7. Merendahkan
Iklan diatas dengan terang terangan merendahkan saingannya lewat perbadingan harga.
8. Peniruan
KFC yang asli
Produk jasa diatas “KLG” meniru logo “KFC”
Meski restoran waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) yang mesti disalahkan karena kasus pemalsuan paten brandternama ini di China, KFC juga bisa dilihat sebagai korban dari praktik ini. KFC palsu tidak hanya menjiplak brand KFC, tapi juga mengganti lambang Kolonel Sanders berdasarkan penafsiran mereka sendiri.
Meski demikian, KFC palsu diperkirakan tidak akan sanggup bertahan lama. Ini karena KFC kini tumbuh menjadi restoran cepat saji dengan pasar terluas di China. Sebelumnya, KFC adalah produk fast food yang berkembang paling pesat di negara tersebut.
9. Khalayak anak – anak
iklan parfum Axe diatas menampilkan adegan yang tidak sepantasnya ditayangkan.